Unigal Repository

Pengaruh Model Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Arifin, Reina Stevany
dc.date.accessioned 2025-08-15T07:04:27Z
dc.date.available 2025-08-15T07:04:27Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6905
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang belum efektif, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model challenge based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Ciamis, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui pretest dan posttest kemampuan koneksi matematis yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara kelas eksperimen yang menggunakan model challenge based learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model challenge based learning berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Sri Solihah, S.Pd., M.Pd Angra Meta Ruswana, S.Pd., M.Pd en_US
dc.subject Kemampuan Koneksi Matematis, Model Challenge Based Learning en_US
dc.title Pengaruh Model Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account