dc.contributor.author |
Arifin, Reina Stevany |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-15T07:04:27Z |
|
dc.date.available |
2025-08-15T07:04:27Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-30 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6905 |
|
dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang belum efektif,
sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model challenge based learning
terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah quasi experiment dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs
Negeri 2 Ciamis, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik
purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui pretest dan posttest
kemampuan koneksi matematis yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata, dan effect size. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara
kelas eksperimen yang menggunakan model challenge based learning dan kelas
kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa model challenge based learning berpengaruh terhadap
kemampuan koneksi matematis siswa. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dr. Sri Solihah, S.Pd., M.Pd
Angra Meta Ruswana, S.Pd., M.Pd |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Koneksi Matematis, Model Challenge Based Learning |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |