| dc.contributor.author | Arifin, Reina Stevany | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-15T07:04:27Z | |
| dc.date.available | 2025-08-15T07:04:27Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-30 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6905 | |
| dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang belum efektif, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model challenge based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Ciamis, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui pretest dan posttest kemampuan koneksi matematis yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara kelas eksperimen yang menggunakan model challenge based learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model challenge based learning berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dr. Sri Solihah, S.Pd., M.Pd Angra Meta Ruswana, S.Pd., M.Pd | en_US |
| dc.subject | Kemampuan Koneksi Matematis, Model Challenge Based Learning | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa | en_US |
| dc.type | Other | en_US |