dc.contributor.author |
Cahyati, Maria Ulfa Nur |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-14T08:28:17Z |
|
dc.date.available |
2025-08-14T08:28:17Z |
|
dc.date.issued |
2015-08-14 |
|
dc.identifier.issn |
2107210089 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6897 |
|
dc.description.abstract |
Maria Ulfa Nur Cahyati (2107210089) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi)”. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Dedeh S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rita Patonah S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proese pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran yang belum efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Bentuk desain eskperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Non-Eqivalent Control Group Design.
Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dedeh. S.Pd., M.Pd
Rita Patonah. S.Pd., M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
en_US |
dc.subject |
model pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS), media Flipchart, hasil belajar. |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi |
en_US |
dc.title.alternative |
(Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |