| dc.contributor.author | Samsudin, Aura Juliana | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-14T07:22:06Z | |
| dc.date.available | 2025-08-14T07:22:06Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-30 | |
| dc.identifier.issn | 2108210016 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6889 | |
| dc.description.abstract | Abstrak: Aura Juliana Samsudin, 2108210016. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Galuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis feminisme pada anime Kimi no Na Wa serta mengeksplorasi potensi dalam pengembangan alternatif bahan ajar memirsa karya fiksi. Film atau anime yang diteliti memiliki unsur-unsur yang menarik dalam ruang lingkupnya, selain tokoh, dialog, dan konflik, feminisme menjadi poin utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik kajian pustaka sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Analisis difokuskan pada unsur-unsur feminisme dengan teori feminisme gynocritism oleh Elaine (1979), meliputi identitas perempuan, pengalaman perempuan, dan perspektif perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga unsur tersebut terkandung pada anime Kimi no Na Wa. Berdasarkan hasil analisis, feminisme pada anime Kimi no Na Wa memiliki potensi untuk menjadi alternatif pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran memirsa karya fiksi. Pemanfaatan ini dinilai relevan karena menyajikan data otentik dan kontekstual serta mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami dan memirsa karya fiksi. | en_US |
| dc.description.sponsorship | H.S. Munir, Drs., M. M. Heryanto Gunawan, S. Pd., M. Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en | en_US |
| dc.publisher | Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh | en_US |
| dc.subject | Feminisme, Film, Anime, Bahan Ajar | en_US |
| dc.title | Feminisme pada Anime Kimi no Na Wa (Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Memirsa Karya Fiksi) | en_US |
| dc.type | Other | en_US |