Abstract:
ABSTRAK
DHEA ANJANI PAMUNGKAS (2124210066). Skripsi ini berjudul “Pengaruh Game-Based Learning (GBL) terhadap Peningkatan Minat Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar”. Selama penyusunan skripsi ini, penulis di bawah bimbingan Ibu Dr. Risma, S.Si., M.Pd. Sebagai pembimbing I dan Bapak Asep Ridwan Kurniawan, S.Si., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Game-Based Learning (GBL) terhadap peningkatan minat siswa pada pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Siswa Sekolah Dasar.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas V SDN 1 Gardujaya sebayak 20 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu sesuai kebutuhan penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar berupa angket minat belajar siswa yang diadaaptasi dari penelitian Supriyadi (2007). Adapun untuk analisis data menggunan uji pired simple t test dengan bantun aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata skor minat siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan model game base learning meningkat secara nyata dibandingkan sebelumnya. Adapun hasil analisis uji signifikansi diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari batas bawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model game base learning dapat meningkatkan minat siswa pada PJOK di Sekolah Dasar.