Abstract:
AULIA AZZAHRA (2025), ANALISIS MOTORIK PESERTA DIDIK PAUD PUSPITA.
(Eksperimen di PAUD PUSPITA, Kabupaten Ciamis). Bapak Dr. Nana Sutisna, M. Pd
sebagai pembimbing I, Bapak Asep Ridwan Kurniawan, S. Si. M. Pd sebagai pembimbing
II.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang peserta didiknya adalah usia
dini. Usia dini merupakan fase usia antara sejak lahir sampai enam tahun.PAUD berperan
penting
bagi kelangsungan setiap peserta didik, guna menunjang pendidikan
setelahnya.Motorik adalah suatu peristiwa laten yang meliputi keseluruhan proses-proses
pengendalian dan pengaturan fungsi-fungsi organ tubuh, baik secara fisiologis maupun secara
psikis yang menyebabkan terjadinya suatu gerak. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa Test of Gross Motor
Development-2 (TGMD-2) yang mencakup aspek keterampilan lokomotor dan manipulatif.
Subjek penelitian berjumlah 13 siswa putra dan 16 siswa putri. Hasil penelitian menunjukan
bahwa sebagian besar siswa putra memiliki keterampilan motorik pada kategori sangat tinggi
dengan persentase (61,5%) dan sisanya berada pada kategori tinggi dengan persentase (38,5%).
Dan hasil penelitian pada siswa putri menunjukan bahwa sebagian besar siswa putri memiliki
keterampilan motorik pada kategori sangat tinggi dengan persentase ( 81,3% ), dan sisanya
berada pada kategori tinggi dengan persentase ( 18,7% ). Hal ini mengindikasikan bahwa secara
keseluruhan, kemampuan motorik siswa putra dan putri di Paud Puspita telah berkembang
dengan sangat baik. Hal ini dapat menjadi dasar dalam perencanaan program pembelajran fisik
yang lebih variatif dalam menantang untuk mendukung perkembangan anak secara optimal.