Abstract:
Desa Cieurih merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Ciamis, berdasarkan data tahun 2016 mata pencarian penduduknya 50% di antaranya adalah usaha industri rumahan. Pengetahuan mengenai teknologi informasi perlu disosialisasikan guna meningkatkan segmentasi pasar yang bertujuan meningkatkan penjualan produk usaha industri rumahan.
Tujuan kegiatan pendampingan pemasaran produk usaha industri rumahan ini adalah memberikan pengetahuan manfaat teknologi informasu kepada pemilik usaha industri rumahan ini serta melatih tata cara memasarkan produk menggunakan teknologi informasi khususnya menggunakan e-marketplace. Sedangkan target khusus dari kegiatan kegiatan pendampingan pemasaran produk usaha industri rumahan adalah dengan menggunakan e-marketplace dapat memperluas segmentasi pasar penjualan produk usaha industri rumahan sehingga akan berdampak pada peningkatan penjualan. Semakin banyak jumlah penjualan maka akan semakin banyak pula pendapatan yang akan diterima sehingga ini akan mendorong usaha industri rumahan untuk memperluas usahanya sehingga tidak hanya membuka lapangan pekerjaan baru tetapi juga akan menekan jumlah pengangguran yang pada akhirnya kemiskinan dapat ditanggulangi.
Ada beberapa tahapan kegiatan, antara lain 1) Evaluasi awal; 2) Sosialisasi penjualan e-marketplace; 3) Demonstrasi e-marketplace; 4) Pendampingan usaha; 5) Evaluasi; dan 6) Pemantauan keberlanjutan. Jangka waktu kegiatan 4 bulan. Sedangkan anggaran yang diusulkan untuk kegiatan ini sebesar Rp 4.995.000,00.