dc.description.abstract |
MUHAMAD ARIQ DZULFIKAR. 3402200464.“Pengaruh Sensory Marketing
terhadap Pembentukan Persepsi Pelanggan (Studi pada Konsumen Dessert by
Agata Pandeglang).”Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M.
(Pembimbing I) dan Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Sensory Marketing terhadap Persepsi
Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh sensory
marketing yang mencakup dimensi visual, aroma, suara, rasa, dan sentuhan terhadap
persepsi pelanggan pada Gerai Dessert by Agata Pandeglang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Data primer
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden pelanggan
Gerai Dessert by Agata. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis
deskriptif dan asosiatif, termasuk uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, uji-t, dan regresi linier sederhana.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan sensory marketing berada dalam kategori baik
dengan dimensi taste sebagai aspek yang paling dominan. Persepsi pelanggan juga
berada pada kategori baik dengan dimensi penilaian sebagai aspek tertinggi. Hasil
analisis regresi menunjukkan bahwa sensory marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap persepsi pelanggan, dengan nilai korelasi sebesar 0,658 dan
kontribusi pengaruh sebesar 43,32%. Artinya, semakin optimal penerapan sensory
marketing, maka persepsi pelanggan terhadap gerai akan semakin baik.Disarankan
agar pihak Gerai Dessert by Agata lebih meningkatkan aspek sensoris yang kurang
optimal, khususnya pada dimensi sentuhan dan seleksi, untuk menciptakan
pengalaman pelanggan yang lebih menyeluruh dan mendalam. |
en_US |