Unigal Repository

Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Pembentukan Persepsi Pelanggan

Show simple item record

dc.contributor.author Ariq, Muhamad
dc.date.accessioned 2025-08-11T08:20:01Z
dc.date.available 2025-08-11T08:20:01Z
dc.date.issued 2025-08-11
dc.identifier.issn 3402200464
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6828
dc.description.abstract MUHAMAD ARIQ DZULFIKAR. 3402200464.“Pengaruh Sensory Marketing terhadap Pembentukan Persepsi Pelanggan (Studi pada Konsumen Dessert by Agata Pandeglang).”Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Kasman, Drs., M.M. (Pembimbing II). Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Sensory Marketing terhadap Persepsi Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh sensory marketing yang mencakup dimensi visual, aroma, suara, rasa, dan sentuhan terhadap persepsi pelanggan pada Gerai Dessert by Agata Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden pelanggan Gerai Dessert by Agata. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dan asosiatif, termasuk uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji-t, dan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sensory marketing berada dalam kategori baik dengan dimensi taste sebagai aspek yang paling dominan. Persepsi pelanggan juga berada pada kategori baik dengan dimensi penilaian sebagai aspek tertinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa sensory marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi pelanggan, dengan nilai korelasi sebesar 0,658 dan kontribusi pengaruh sebesar 43,32%. Artinya, semakin optimal penerapan sensory marketing, maka persepsi pelanggan terhadap gerai akan semakin baik.Disarankan agar pihak Gerai Dessert by Agata lebih meningkatkan aspek sensoris yang kurang optimal, khususnya pada dimensi sentuhan dan seleksi, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyeluruh dan mendalam. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing 1 Nurdiana Mulyatini Pembimbing 2 Kasman en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi (Manajemen) en_US
dc.subject Sensory Marketing,Persepsi Pelanggan en_US
dc.title Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Pembentukan Persepsi Pelanggan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account