| dc.contributor.author | Ramdani, Ismi Farida | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-11T08:06:11Z | |
| dc.date.available | 2025-08-11T08:06:11Z | |
| dc.date.issued | 2025-08-11 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6827 | |
| dc.description.abstract | Ismi Farida Ramdani (2025). “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Prinsip-Prinsip Dan Konsep Akuntannsi Dasar Dan Perbankan Dasar Kelas X Layanan Perbankan SMK Negeri 2 Banjar)” dibawah bimbingan Bapak Dr. Rizka Andhika Putra S. Pd., M.M selaku pembimbing I dan Ibu Rini Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan karena siswa yang mampu berpikir kritis dapat menyelesaikan berbagai masalah baik dilingkungan sekolah atau dilingkungan masyarakatnya. Masih rendahnya tingkat berpikir kritis pada siswa menjadi perhatian dalam penelitian ini. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis disekolah dapat melalui penggunaan metode pembelajaran tepat dan menarik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving pada pre-test dan post-test di kelas eksperimen; mengetahui perbedaan kemampuan berpikir siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pre-test dan post-test di kelas kontrol; dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving dengan metode konvensional pada pre-test dan post-test. Metode penelitian yang digunakan yaiitu Quasy experimental desain model pretest-postest nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji -t dan uji N-Gain. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X LP 2 SMK Negeri 2 Banjar. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode problem solving dibandingkan metode konvensional berasarkan nilai post-test. Nilai pengukuran akhir (post-test) kelas eksperimen yang menggunakan metode problem solving memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Putra, Rizka Andhika Yanti, Rini Agustin Eka | en_US |
| dc.language.iso | en | en_US |
| dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
| dc.subject | Problem Solving | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran | en_US |
| dc.subject | Teori Kontruktivisme | en_US |
| dc.title | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Prinsip-Prinsip Dan Konsep Akuntannsi Dasar Dan Perbankan Dasar Kelas X Layanan Perbankan SMK Negeri 2 Banjar) | en_US |
| dc.type | Other | en_US |