Abstract:
Mardi Saputra. 3504210028. Inovasi Pelayanan Publik di Dinas Penanaman
Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tasikmalaya (Studi Pada
Mall Pelayanan Publik). Skripsi. Program Studi Administrasi Publik Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya inovasi pelayanan
publik di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota
tasikmalaya (studi pada mall pelayanan publik). Adanya permasalahan terkait
gangguan koneksi internet yang sering down di mall pelayanan publik, kurangnya
pelatihan kepada pegawai yang non-ASN, serta kurangnya sosialisasi yang merata
ke berbagai daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan inovasi pelayanan publik di dinas penanaman modal dan
pelayanan terpadu satu pintu kota tasikmalaya (studi pada mall pelayanan publik).
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari 7 informan dengan menggunakan
teknik purposive sampling, dan sumber data sekunder dari dokumen-dokumen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi nonpartisipan,
wawancara terstruktur dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan yaitu
verifikasi. Penulis melakukan penelitian menggunakan teori menurut Rippetoe &
Rogers, (1987) dalam Prabowo (2022:42) menyatakan ada 5 atribut inovasi yaitu:
Keunggulan Relatif (Relative Advantage), Kesesuaian (Compatibility), Kerumitan
(Complexity), Kemungkinan Coba (Triability), Kemudahan Diamati
(Observability).
Berdasarkan hasil penelitian yaitu bahwa inovasi pelayanan publik di dinas
penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota tasikmalaya studi pada
mall pelayanan public belum berjalan optimal pada satu dimensi inovasi sesuai teori
menurut Rippetoe & Rogers, (1987) dalam Prabowo (2022:42), yaitu dimensi
Kerumitan (Complexity). Sedangkan dimensi yang sudah berjalan optimal yaitu
dimensi Keunggulan Relatif (Relative Advantage), Kesesuaian (Compatibility),
Kemungkinan Coba (Triability), dan dimensi Kemudahan Diamati (Obersvability).
Kata kunci: Inovasi; Pelayanan Publik.