Abstract:
Taryati Melawati (2107210010) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Ciamis)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Ciamis, hal ini disebabkan karena kurang tepatnya penerapan metode pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Inquiry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe inquiry pada pengukuran awal (pretest) dan pengkururan akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengkururan akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe inquiry dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengkuran akahir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimental) dengan desain nonequivalent control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe inquiry pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tipe inquiry dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).