Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas AKL SMKN 1 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen di Kelas 10 AKL Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar)

Show simple item record

dc.contributor.author Oktaviani, Tanti
dc.date.accessioned 2025-08-08T06:46:12Z
dc.date.available 2025-08-08T06:46:12Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.issn 2107210114
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6800
dc.description.abstract Tanti Oktaviani (2107210114). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas AKL SMKN 1 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen di Kelas 10 AKL Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Endang Mulyadi, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Rizka Andhika Putra, MM. sebagai pembimbing II. Rendahnya motivasi belajar peserta didik mempengaruhi hasil belajar yang dihasilkan. Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X AKL di SMKN 1 Ciamis pada mata pelajaran Akuntansi Dasar menjadikan masalah yang terjadi pada penelitian ini. Menyikapi permasalahan tersebut maka, penulis menerapka model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil Belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimental) dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Dr. Rizka Andhika Puta, S.Pd., M.M. Ilah, S.Pd., M.Pd. en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan en_US
dc.subject Problem Based Learning, Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas AKL SMKN 1 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen di Kelas 10 AKL Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account