Abstract:
Andrian Setiawan, 2108210093. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gaya bahasa pada lirik Album ”Nonfiksi” karya Juicy Luicy sebagai alternatif pengembangan bahan ajar teks puisi. Siswa dalam praktik pembelajaran puisi di sekolah, sering kali ditemui kenyataan bahwa merasa kurang terhubung dengan materi yang diajarkan, ini disebabkan oleh kurangnya bahan ajar yang relevan dengan kehidupan dan minat mereka. Perlu adanya pengembangan bahan ajar yang relevan, salah satunya dengan memanfaatkan lirik lagu populer yang kaya akan gaya bahasa. Album ”Nonfiksi” karya Juicy Luicy sebagai alternatif pengembangan bahan ajar teks puisi. Album ini sangat popular tidak hanya sukses secara digital, tetapi juga mendapatkan pengakuan di industri musik dengan bebagai penghargaan salah satunya masuk dua nominasi di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI), Grup Pop Terbaik dan Album Pop Terbaik, dengan pencapaian lebih dari 1 miliar dari berbagai paltfrom, Popularitas musik di kalangan remaja Indonesia dapat menarik minat siswa untuk mempelajari gaya bahasa dari lirik lagu, terutama jika bahan ajar yang disajikan relevan dengan dunia mereka, tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap unsur-unsur kebahasaan, tetapi juga memperkaya apresiasi mereka terhadap karya sastra dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, karena penulis ingin mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu album “Nonfiksi” karya Juicy Luicy. Berdasarkan pembahasan Hasil penelitian, dapat di simpulkan gaya bahasa pada lirik lagu album ”Nonfiksi” karya Juicy Luicy terdapat gaya bahasa perbandingan (simile, metafora, personifikasi, dan alegori), pertentangan (hiperbola, litotes, ironi, dan paradoks), perulangan (anafora, epifora, dan aliterasi), serta pertautan (metonimia, sinekdoke, dan eufemisme)”.