Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Ludo Biologi (LuBio) Terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Faiha Tsany, Yosi Nur Syaima
dc.date.accessioned 2025-07-28T08:56:12Z
dc.date.available 2025-07-28T08:56:12Z
dc.date.issued 2025-07-28
dc.identifier.issn Tsany
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6689
dc.description.abstract Yosi Nur Syaima Faiha Tsany. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tornament (TGT) berbantuan Ludo Biologi (LuBio) terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Dr.Hj.Nur Ilmiyati, Dra., M.M.,M.Pd., sebagai pembimbing I dan Dr.H.Adun Rusyana, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan kolaboratif siswa dalam proses pembelajaran biologi, khususnya pada materi komponen ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media Ludo Biologi (LuBio) terhadap kemampuan kolaboratif siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2025 dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (fase E) di SMA Negeri 1 Sindangkasih, dengan sampel sebanyak 39 siswa dari kelas X E4 yang dipilih melalui Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi non-tes yang disusun berdasarkan indikator kemampuan kolaboratif. Hasil observasi dianalisis secara kuantitatif deskriptif untuk mengetahui tingkat kemampuan kolaboratif siswa setelah penerapan model pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan bantuan media Ludo Biologi (LuBio) memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan kolaboratif siswa. Hal ini terlihat dariskor observasi yang menunjukan peningkatan pada aspek-aspek kolaboratifseperti Kerjasama tim, Tanggung Jawab, komunikasi efektif, kompromi, Fleksibilitas, selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, model TGT berbantuan LuBio dapat menjadisalah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa pada materi ekosistem. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Hj. Nur Ilmiyati, Dra., M.M., M.Pd Dr. H. Adun Rusyana, Drs., M.Pd en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Biologi en_US
dc.subject Model Kooperatif Team Games Tournament, Ludo Biologi, Kemampuan Kolaboratif, Siswa, SMA Negeri 1 Sindangkasih en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Ludo Biologi (LuBio) Terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account