Abstract:
ABSTRAK
Vina Frestia, NIM. 3402200469. “Pengaruh Digital Marketing Media Sosial
TikTok terhadap Brand Image Produk (Suatu Studi pada Pengikut Akun
TikTok Yufaderma Skincare)”. Dibawah bimbingan Dr. Nana Darna, S.E.,
M.M. sebagai Dosen Pembimbing I dan Faizal Haris Eko Prabowo, S.E.,
M.M. sebagai Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Digital Marketing Media Sosial TikTok
terhadap Brand Image produk (Suatu Studi pada Pengikut Akun TikTok
Yufaderma Skincare). Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu Digital Marketing
(X) dan Brand Image (Y). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini
meliputi: (1) Bagaimana gambaran Digital Marketing produk Yufaderma Skincare
di mata konsumen? (2) Bagaimana Gambaran Brand Image produk Yufaderma
Skincare di mata konsumen? (3) Bagaimana pengaruh Digital Marketing media
sosial TikTok terhadap Brand Image produk Yufaderma Skincare? Metode yang
digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif
dan dijelaskan secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah
pengikut akun TikTok tanggal 25 Juli 2024. Teknik sampling berupa Purposive
Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Regresi Linear
Sederhana, Koefisien Determinasi dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkann
bahwa Digital Marketing di media sosial TikTok berpengaruh positif terhadap
Brand Image produk. Digital Marketing memberikan pengaruh sebesar 86,3%
terhadap Brand Image, sedangkan sisanya sebesar 13,7% disebabkan oleh
variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Diharapkan Yufaderma Skincare mampu mengembangkan strategi digital
marketing mereka untuk membangun brand image yang positif di mata
konsumen.
Kata Kunci: Digital Marketing, TikTok, Brand Image