| dc.contributor.author | kamilah, milah | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-17T07:09:44Z | |
| dc.date.available | 2025-07-17T07:09:44Z | |
| dc.date.issued | 2024-08-22 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6606 | |
| dc.description.abstract | Milah Kamilah (2107200023) "pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri1Rajadesa (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar dasar-dasar akuntansi di Kelas X AKL)". Penulis skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing 11. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Rajadesa merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain Nonequivalent Control Group Desain pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa uji instrument penelitian, prasyarat uji statistika dan uji analisis data. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran demostrasi dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Kata kunci: Model Pembelajaran, Demonstrasi, Hasil belajar. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Yuyun Susanti, Nur Rizqi Arifin | en_US |
| dc.publisher | pendidikan akuntansi | en_US |
| dc.subject | Model Pembelajaran, Demonstrasi, Hasil belajar. | en_US |
| dc.title | pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa | en_US |
| dc.type | Other | en_US |