Abstract:
Fachrul Muhamad Riza Saputra, 2108210082. Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan variasi dalam bahan ajar, sehingga dilakukan
upaya penelitian untuk menghadirkan bahan ajar yang lebih beragam. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai sosial dan pendidikan yang terdapat dalam drama
Korea Pyramid Game, serta mengevaluasi potensinya sebagai alternatif pengembangan
bahan ajar untuk menganalisis isi drama. Drama ini menyoroti berbagai isu sosial
seperti kekerasan, diskriminasi, dan budaya perundungan di lingkungan sekolah, yang
digambarkan melalui sistem peringkat antar siswa. Drama Korea ini dapat diakses oleh
berbagai kalangan usia, sehingga drama Korea Pyramid Game dapat dimanfaatkan
sebagai media pembelajaran di lingkungan sekolah. Penelitian ini menerapkan metode
deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi, dokumentasi, serta telaah literatur.
Proses ini dilakukan untuk menggali dan menggambarkan nilai-nilai sosial dan
pendidikan yang muncul melalui dialog, tokoh, peristiwa, serta alur cerita dalam
drama. Berdasarkan hasil penelitian, drama Korea Pyramid Game memuat sejumlah
nilai sosial, yaitu: (1) nilai material, (2) nilai vital, serta (3) nilai kerohanian yang
mencakup aspek kebaikan, kebenaran, keindahan, dan religiusitas. Adapun nilai-nilai
pendidikan yang teridentifikasi meliputi: (1) nilai ketuhanan, (2) nilai moral, (3) nilai
sosial, (4) nilai budaya, dan (5) nilai estetika. Temuan ini menunjukkan bahwa Pyramid
Game memiliki potensi untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar yang kontekstual
dan relevan dengan kehidupan sosial peserta didik, khususnya dalam pembelajaran
menganalisis isi drama. Penggunaan media populer seperti drama Korea dapat
memperkuat minat belajar siswa sekaligus membantu mereka memahami realitas sosial
yang tergambarkan dalam karya sastra.