Abstract:
BETI. Pengaruh Perilaku Birokrasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas
Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Persepsi Masyarakat Kecamatan Banjar Kota
Banjar). Di bawah bimbingan. Dr. H. Enas SE., M.M., sebagai pembimbing I dan Dr. Hj.
Irma Damayanti., M.M., sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya keluhan masyarakat mengenai kualitas pelayanan
yang diberikan pegawai kecamatan Banjar masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena
adanya factor yang mempengaruhinya seperti prilaku birokrasi dan budaya organisasi.
dengan demikian maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana pengaruh
prilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan? Bagaimana pengaruh budaya organisasi
terhadap kualitas pelayanan? Dan bagaimana pengaruh prilaku birokrasi dan budaya
organisasi terhadap kualitas pelayanan? Metode yang digunakan adalah deskrptif kuantitatif
dengan hasil penelitian sebagai berikut. Pengaruh positif dan signifikan prilaku birokrasi
terhadap kualitas pelayanan publik artinya jika birokrasi meningkat maka akan diikuti oleh
peningkatan kualitas pelayanan publik, adapun yang belum optimal / masih kecil pada
indikator responsive. Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kualitas
pelayanan publik artinya jika budaya organisasi meningkat, maka akan diikuti oleh
peningkatan kulitas pelayanan publik, adapun yang belum optimal / masih kecil pada
indikator kemampuan untuk mengambil inisiatif. Pengaruh positif dan signifikan prilaku
birokrasi dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik meningkat, maka akan
diikuti oleh kualitas pelayanan publik.