Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa
kelas XI MA Nurul Huda Kawali melalui penggunaan media audio visual berupa
video. Penelitian tindakan kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus untuk
mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan menulis siswa yang ditandai
dengan kurangnya ide kreatif, kesulitan dalam menyusun alur cerita, dan minimnya
partisipasi aktif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan
langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis perubahan perilaku
serta hasil belajar siswa. Pada tahap pendahuluan, guru menyampaikan informasi
mengenai kompetensi, materi, tujuan, dan langkah-langkah pembelajaran.
Selanjutnya, siswa mengamati video cerpen Malin Kundang, menganalisis unsur unsur pembangun cerpen, berdiskusi secara kelompok, serta mempresentasikan
hasil diskusi, dan dilanjutkan dengan menulis teks cerpen secara individu
berdasarkan kejadian sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa
mencapai 73,8 meskipun masih terdapat kendala dalam keaktifan belajar,
khususnya dalam hal bertanya dan partisipasi. Pada siklus II, seluruh siswa berhasil
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 83,6,
ditunjang dengan perubahan perilaku positif seperti peningkatan kemampuan
bertanya, partisipasi aktif, serta pemahaman materi yang lebih baik. Dengan
demikian, penggunaan media audio visual berupa video tidak hanya meningkatkan
keterampilan menulis teks cerpen, tetapi juga berdampak positif terhadap motivasi
dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.