Abstract:
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Media Interaktif Pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Cijantung Ciamis”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media pembelajaran interaktif, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media pembelajaran interaktif, 3) Mendeskripsikan perubahan kemampuan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Cijantung Ciamis sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media interaktif sesuai dengan kurikulum Merdeka 2) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media interaktif yang terdiri dari enam langkah pembelajaran, yaitu: a) Pertanyaan mendasar, b) Mendesain perencanaan produk, c) Menyusun jadwal, d) Memonitor keaktifan peserta didik dan perkembangan proyek, e) Mengevaluasi hasil dan memberikan penilaian, f) Merefleksi pengalaman belajar. 3) terdapat perubahan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media interaktif. Hal ini dibuktikan dengan Ttabel 2,048 lebih kecil daripada Thitung 3,240 dan signifikan (0,076 > 0,05) sehingga H0 ditolak.