Abstract:
SITI PAUZIA TSANYATI. (2118180048). PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE
NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA.
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan
pemahaman matematis siswa yang masih cenderung rendah. Oleh
karenanya perlu menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk
dapat mengatasi permasalahan dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman matematis siswa. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan
penelitian sebelumnya, diprediksi bahwa model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengkaji perbedaan
peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang
memperoleh pembelajaran model Numbered Head Together (NHT)
dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Metode
penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain
penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Mathlabussa’adah yang terdiri dari 2 kelas dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Sampel yang
digunakan adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
27 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yaitu
tes kemampuan pemahaman matematis. Pokok bahasan yang disajikan
sebagai bahan materi adalah Bangun Datar (Segitiga dan Segiempat).
Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh
pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang
memperoleh pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Kemampuan
Pemahaman Matematis