dc.description.abstract |
Banyaknya pengusaha keripik kaca yang baru menjadi ancaman tersendiri bagi agroindustri beledag jagara dengan terjadinya persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang relevan digunakan oleh agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dengan alat analisis yaitu analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan pengambilan data secara langsung dari responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah responden 10, faktor internal yang ada pada agroindustri keripik kaca Beledag Jagara ini yaitu terdiri atas beberapa kekuatan dan kelemahan, kekuatan yang ada berupa tanpa bahan pengawet, varian rasa, pemasaran e-commerce, kualitas bahan baku, pemasaran yang efektif, sedangkan daya tahan produk, belum memiliki badan hukum (CV), ketergantungan terhadap bahan baku, kemasan yang tidak ramah lingkungan. Faktor eksternal terdiri atas peluang dan ancaman yang ada, peluang meliputi pemasaran yang luas, permintaan pasar tinggi, pemasaran digital marketing, potensi ekspor, sedangkan ancaman yang ada berupa persaingan yang ketat, ketidakstabilan pasokan bahan baku, biaya distribusi dan biaya pemasaran yang tinggi. Alternatif strategi yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis adalah dengan strategi yang agresif yaitu dengan memaksimalkan pemasaran digital marketing serta mempertahankan kualitas bahan baku. |
en_US |