Unigal Repository

Strategi Pemasaran Produk Keripik Kaca Pada Agroindustri Beledag Jagara Di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawan, Tri Tresna
dc.date.accessioned 2025-05-09T01:54:21Z
dc.date.available 2025-05-09T01:54:21Z
dc.date.issued 2025-05-08
dc.identifier.other Tri Tresna Kurniawan
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6381
dc.description.abstract Banyaknya pengusaha keripik kaca yang baru menjadi ancaman tersendiri bagi agroindustri beledag jagara dengan terjadinya persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang relevan digunakan oleh agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dengan alat analisis yaitu analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan pengambilan data secara langsung dari responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah responden 10, faktor internal yang ada pada agroindustri keripik kaca Beledag Jagara ini yaitu terdiri atas beberapa kekuatan dan kelemahan, kekuatan yang ada berupa tanpa bahan pengawet, varian rasa, pemasaran e-commerce, kualitas bahan baku, pemasaran yang efektif, sedangkan daya tahan produk, belum memiliki badan hukum (CV), ketergantungan terhadap bahan baku, kemasan yang tidak ramah lingkungan. Faktor eksternal terdiri atas peluang dan ancaman yang ada, peluang meliputi pemasaran yang luas, permintaan pasar tinggi, pemasaran digital marketing, potensi ekspor, sedangkan ancaman yang ada berupa persaingan yang ketat, ketidakstabilan pasokan bahan baku, biaya distribusi dan biaya pemasaran yang tinggi. Alternatif strategi yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha agroindustri keripik kaca Beledag Jagara di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis adalah dengan strategi yang agresif yaitu dengan memaksimalkan pemasaran digital marketing serta mempertahankan kualitas bahan baku. en_US
dc.description.sponsorship Isyanto Agus Yuniawan dan Yusuf Muhamad Nurdin en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Agroindustri en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Keripik Kaca en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.title Strategi Pemasaran Produk Keripik Kaca Pada Agroindustri Beledag Jagara Di Desa Citereup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account