Abstract:
Dalam era perkembangan digital, media sosial hampir setiap hari diakses oleh
penggunanya. Saat ini peran media sosial khususnya instagram menjadi sarana
promosi yang efektif karena fitur-fitur yang memudahkan penggunanya dalam
mengakses dan memperoleh informasi, khususnnya terkait produk yang
ditawarkan. Penelitian ini penting untuk memahami sejauh mana promosi mampu
di instagram dapat mempengaruhi keputusan pemebelian. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : (1) penerapan promosi media sosial instagram yang dilakukan
agroindustri keripik kaca Beledag Jagara, (2) efektivitas promosi dalam
memengaruhi keputusan pembelian konsumen agroindustri keripik kaca Beledag
Jagara, dan (3) pengaruh promosi melalui media sosial Instagram terhadap
keputusan pembelian konsumen pada produk agroindustri keripik kaca Beledag
Jagara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian dengan
pengolahan data hasil penelitian menggunakan pendekatan statistik. Populasi
dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial khususnya pengikut dari akun
instagram Beledag Jagara serta pernah membeli produk Beledag Jagara.
pengambilan sampel menggunakan teknik convienence sampling dengan jumlah
sebanyak 70 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis
menggunakan analisis regresi linear sederhana dan pengolahan data menggunakan
software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) penerapan promosi
media sosial instagram yang dilakukan agroindustri keripik kaca beledag jagara
memperoleh nilai rata-rata 4,25 sehingga masuk dalam kategori sangat baik, (2)
efektivitas promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
agroindustri keripik kaca beledag jagara memperoleh nilai rata-rata 4,19 sehingga
masuk dalam kategori baik, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian sebesar 54
%.