Unigal Repository

ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Suatu Studi Pada UMKM Makaroni Ciyonatha Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana, Rifki
dc.date.accessioned 2025-04-29T01:37:28Z
dc.date.available 2025-04-29T01:37:28Z
dc.date.issued 2025-04-29
dc.identifier.other Rifki
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6360
dc.description.abstract Rifki Maulana, NIM. 3402200171, “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan (Suatu Studi Pada UMKM Makaroni Ciyonatha Tasikmalaya)”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M (Pembimbing 1) dan Marlina Nur Lestari, S.E., M.M (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Makaroni Ciyonatha di Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan yang dihadapi UMKM dalam memanfaatkan pemasaran digital, termasuk kendala dalam navigasi media sosial, konsistensi konten, dan biaya pengiriman yang tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan Pada UMKM Makaroni Ciyonatha Tasikmalaya. Dan adapun dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi digital Marketing dalam Meningkatkan Tingkat Penjualan Pada UMKM Makaroni Ciyonatha Tasikmalaya . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pemilik usaha dan observasi terhadap aktivitas pemasaran digital UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing pada tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan sebesar 63%, dari Rp980 juta menjadi Rp1,6 miliar. Namun, strategi yang digunakan belum optimal dalam menjaga pertumbuhan penjualan yang berkelanjutan, terlihat dari penurunan penjualan kembali ke Rp980 juta pada tahun 2023. Hambatan utama yang ditemukan adalah ketidakjelasan informasi pada iklan, kurangnya konsistensi dalam desain dan konten media sosial, serta tingginya biaya pengiriman yang menjadi keluhan konsumen. Kesimpulannya, meskipun digital marketing memberikan dampak positif, diperlukan perbaikan dalam strategi pemasaran, seperti peningkatan kualitas komunikasi, desain media sosial yang lebih menarik, konsistensi konten, dan solusi untuk mengurangi ongkos kirim. Rekomendasi ini diharapkan dapat membantu UMKM Makaroni Ciyonatha dalam memanfaatkan pemasaran digital secara lebih optimal untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen di masa depan. Kata Kunci : Strategi Digital Marketing, Peningkatan Penjualan en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M Marlina Nur Lestari, S.E., M.M en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Strategi digital marketing, peningkatan penjualan en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Suatu Studi Pada UMKM Makaroni Ciyonatha Tasikmalaya) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account