Abstract:
IRFAN HILMI RAMDANI ,2024. Analisis Tataniaga Salak Pondoh Di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Dibawah bimbingan AGUS YUNIAWAN ISYANTO dan SAEPUL AZIZ.
Tataniaga salak pondoh merujuk pada seluruh rangkaian kegiatan ekonomi yang terlibat dalam proses pengadaan, pengolahan, distribusi, dan pemasaran salak pondoh, dari produsen hingga konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui saluran pemasaran dalam tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, (2) Untuk mengetahui margin pemasaran tiap saluran pemasaran pada tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, (3) untuk mengetahui Farmer Share dalam tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tataniaga salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pemasaran 1 : Petani => Konsumen. Saluran pemasaran 2: Petani => Pedagang Pengecer =>Konsumen. Saluran pemasaran 3 : Petani => Pedagang Pengumpul => Pedagang Pengecer => Konsumen. Margin pemasaran dari saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 7.000 , saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 5.000, saluran pemasaran 3 sebesar Rp. 4.000. Farmer share saluran pemasran 1 : 100%, saluran pemasaran 2 : 50% dan saluran pemasaran 3 : 40%. Adapun hal yang disarankan dalam penelitian ini petani untuk mempertimbangkan saluran pemasaran dengan melihat kuantitas panen supaya tidak terjadi sehingga petani dapat memperoleh harga yang sesuai.
Kata Kunci: tataniaga, margjin pemasaran, buah salak.