Abstract:
ABSTRAK
STEILLA AYUWANDARA NABILAWANGI, NIM 3402200370. “Pengaruh
Marketing Public Relation dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen 3second Family Store Tasikmalaya)”. Dibawah bimbingan Dr. Nana Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Enjang Nursolih, S.H., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh marketing public relation dan digital marketing terhadap keputusan pembelian (suatu studi pada konsumen 3second Family Store Tasikmalaya). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh marketing public relation terhadap keputusan pembelian.
(2) Bagaimana pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian. (3) Bagaimana pengaruh marketing public relation dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen 3second Family Store Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh marketing public relation terhadap keputusan pembelian. (2) Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian. (3) Pengaruh marketing public relation dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen 3second Family Store Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa marketing public relation dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan besarnya pengaruh sebesar 88% dan sisanya 12% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara marketing public relation dan digital marketing terhadap keputusan pembelian. Dari hasil perhitungan analisis koefisien korelasi berganda memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat, artinya jika marketing public relation dan digital marketing pada suatu toko dilakukan dengan optimal maka keputusan pembelian akan meningkat.