Unigal Repository

Analisis Hambatan Samping dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan (STUDI KASUS JALAN RAYA KATAPANG ANDIR KABUPATEN BANDUNG)

Show simple item record

dc.contributor.author SUROYO, SATRIO
dc.date.accessioned 2025-02-11T07:57:09Z
dc.date.available 2025-02-11T07:57:09Z
dc.date.issued 2025-02-11
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6281
dc.description.abstract Jalan adalah salah satu prasarana perhubungan darat yang mempunyai fungsi dasar memberikan pelayanan yang optimum pada arus lalu lintas. Jalan Raya Katapang Andir Kabupaten Bandung dipilih sebagai lokasi penelitian karena pada ruas jalan ini sering terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh tingginya aktifitas sisi jalan berupa banyaknya kendaraan yang berhenti yang menaikan dan menurunkan barang, parkir di badan jalan, pejalan kaki, kendaraan yang ke luar masuk, kendaraan lambat dan aktifitas kegiatan pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume lalu lintas dan kapasitas jalan pada ruas Jalan Raya Katapang Andir (jalan raya pasar Rancamanyar) dan pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu proses menemukan pengetahuan menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis pada apa yang ingin diketahui. Jenis metode yang digunakan yaitu menggunakan metode survei. Survei dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan untuk mendapatkan datasebagai acuan untuk melakukan analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapasitas jalan sebesar 1.398,8 skr/jam dan puncak volume kendaraan berada pada Senin p agi pukul 07.00 -08.00 WIB sebesar 1187,7 Skr/jam , dengan derajat kejenuhan sebesar 0,85 dengan tingkat pelayanan termasuk pada kategori E (arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas mendekati kapasitas jalan dan kecepatan sekurang- kurangnya 30 kilometer per jam pada jalan antar kota dan sekurang-kurangnya 10 kilometer perjam pada jalan perkotaan. Kepadatan lalu lintas tinggi karena hambatan internal lalu lintas tinggi. Pengemudi mulai merasakan kemacetan-kemacetan durasi pendek arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.). en_US
dc.publisher Fakultas Teknik en_US
dc.subject Hambatan Samping, Kinerja Ruas Jalan, Transportasi en_US
dc.title Analisis Hambatan Samping dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan (STUDI KASUS JALAN RAYA KATAPANG ANDIR KABUPATEN BANDUNG) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account