Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marjin pemasaran dan fungsi pemasaran cabai rawit merah di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus pada 30 responden terdiri dari 8 orang petani cabai rawit merah dan 22 orang pedagang. Hasil penelitian ini menunjukan marjin pemasaran pada saluran dua tingkat Rp. 14.000 per kilogram dan pada saluran tiga tingkat Rp 16.300 per kilogram sedangkan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani yakni fungsi penjualan, penyedia fisik dan fungsi informasi pasar. Sedangkan yang dilakukan oleh pedagang pemborong adalah fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi penyimpanan, fungsi pengangkutan, fungsi pengolahan, fungsi pengadaan fisik, fungsi informasi pasar. Sedangkan fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pengecer yaitu fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi penyimpanan, fungsi pengangkutan, fungsi pengolahan, fungsi pengadaan fisik, fungsi grading, fungsi risiko.