Abstract:
Tita Rosiana Dewi, NIM. 3403200104. “Pengaruh Biaya Produksi terhadap
Volume Penjualan (Studi Kasus Pada CV. Inong Makmur Barokah)”. Dibawah
bimbingan Dede Abdul Rozak, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Purnamasari,
S.E., M.AB. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokusan pada Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Volume Penjualan
(Studi Kasus Pada CV. Inong Makmur Barokah). Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana biaya produksi pada CV. Inong Makmur
Barokah tahun 2013-2022? 2]. Bagaimana volume penjualan pada CV. Inong
Makmur Barokah tahun 2013-2022? 3]. Bagaimana pengaruh biaya produksi
terhadap volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah tahun 2013-2022?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi mengenai, 1].
Biaya produksi pada CV. Inong Makmur Barokah.; 2]. Volume penjualan pada CV.
Inong Makmur Barokah.; 3]. Pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan
pada CV. Inong Makmur Barokah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan unuk menganalisis data yang diperoleh digunakan
Koefisien Korelasi Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier
Sederhana dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa 1) Perkembangan biaya
produksi pada CV. Inong Makmur Barokah kurang optimal, hal ini dikarenakan
dalam kurun waktu 10 tahun, jumlah biaya produksi selalu mengalami fluktuasi,
besarnya jumlah biaya produksi pada dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2022
yaitu sebesar Rp. 1.882.306.237 dengan rata-rata sebesar Rp. 188.230.624 setiap
tahunnya, sedangkan rata-rata perkembangan setiap tahunnya mengalami peningkatan
sebesar 5%. 2) Perkembangan volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah
belum optimal, hal ini dikarenakan pencapaian volume penjualan yang mengalami
fluktuasi, besarnya jumlah volume penjualan dari tahun 2013 sampai dengan tahun
2022 yaitu sebanyak 505.398 bungkus setiap tahunnya, sedangkan rata-rata
perkembangan setiap tahunnya mengalami kenaikan sebesar 1%. 3) Biaya produksi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, yang artinya apabila
biaya produksi meningkat maka volume penjualanpun mengalami peningkatan.
Begitupun sebaliknya apabila biaya produksi menurun maka volume penjualanpun
mengalami penurunan. Adapun besar pengaruhnya sebesar 70,3%.
Kata Kunci : Biaya Produksi dan Volume Penjualalan