Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa budaya kerja guru dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik erat sekali hubungannya dengan kualitas kerja guru dalam
memberi layanan pembelajaran kepada peserta didiknyanya. Tujuan penelitian
adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Penguatan budaya kerja guru
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Cibogo Kecamatan
Naringgul Kabupaten Cianjur; 2) Hambatan-hambatan dan problematika yang
terjadi dalam mengubah budaya kerja guru yang rendah, mempertahankan budaya
kerja guru yang sudah baik dan mengembangkan budaya kerja guru yang sudah
baik agar menjadi lebih bermutu di SDN Cibogo Kecamatan Naringgul Kabupaten
Cianjur; 3) Upaya-upaya yang telah ditempuh pimpinan dan para guru dalam
mengubah budaya kerja guru yang rendah, mempertahankan budaya kerja guru
yang sudah baik dan mengembangkan budaya kerja guru yang sudah baik agar
menjadi lebih bermutu di SDN Cibogo Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif
analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
penguatan budaya kerja guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di
SDN Cibogo Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur secara umum dilihat dari
aspek loyalitas, disiplin, komitmen, kepemimpinan menunjukkan bahwa budaya
kerja guru disekolah tersebut tinggi; 2) Hambatan-hambatan budaya kerja guru
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Cibogo Kecamatan Naringgul
Kabupaten Cianjur antara lain hambatan transformasi nilai-nilai budaya kerja yang
meliputi: Nilai-nilai sosial, nilai-nilai demokratik, nilai-nilai birokratik, nilai-nilai
profesional, dan nilai-nilai ekonomik. Namun demikian hambatan-hambatan
tersebut dapat diminimalisir bahkan bisa teratasi; 3) Upaya-upaya yang dilakukan
pimpinan dan para guru dalam mempertahankan dan mengembangkan budaya kerja
antara lain a) Peningkatan mutu dan profesionalitas melalui penyelenggaraan
lokakarya, supervisi klinis, dan pembelajaran mikro, b) Peningkatan disiplin kerja,
c) Pemberian motivasi, dan d) Memberikan sanksi dan penghargaan