Unigal Repository

Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Upaya Peningkatan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di MTs El-Bas Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Elin, Nurhayati
dc.date.accessioned 2025-01-06T09:03:16Z
dc.date.available 2025-01-06T09:03:16Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6223
dc.description.abstract Guru merupakan sosok yang memegang peran penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam hal ini, Guru sebagai sosok yang harus digugu dan ditiru tentu harus memiliki kepribadian yang baik agar bisa menjadi inspriasi bagi peserta didik. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menemukan informasi sedetail-detailnya, semakin mendalam data yang diperoleh, maka semakin bagus kualitas penelitian tersebut. Kompetensi kepribadian guru (Indrawati dkk, 2023) merupakan salah satu dari empat kompetetensi guru profesional dan tidak terpisahkan dengan kompetensi lainnya, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, atau kompetensi profesional. Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi kepribadian guru dalam upaya peningkatan karakter peserta didik di MTsS eL-Bas Ciamis dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Implementasi kompetensi kepribadian guru ditinjau dari aspek 1)berakhlak mulia, 2)arif dan bijaksana, 3) mantap, 4) berwibawa, 5) stabil, 6) stabil, 7) dewasa, 7) jujur, 8) menjadi teladan bagi masyarakat, 9) secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri, 10) mau siap mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Terdapat hambatan dalam peningkatan karakter peseta didik yaitu kurangnya pelatihan mengenai kompetensi kepribadian guru, Kesulitan dalam mengimplementasikan praktek kepribadian guru dalam pembelajaran secara konsisten sehingga siswa kurang optimal dalam praktek kesehariannya serta kurangnya dukungan dari berbagai pihak. Dalam mengatasi hal tersebut, kepala sekolah memfasilitasi pelatihan mengenai kompetensi kepribadian guru baik yang dilakukan secara offline atau online, terus memberikan motivasi kepada guru untuk terus mengembangkan dirinya secara mandiri dan berkelanjutan , Evaluasi dan umpan balik yaitu melakukan evaluasi rutin terhadap kompetensi guru serta memberikan umpan balik yang hal tersebut bisa membantu guru untuk pengembangan dirinya. en_US
dc.subject Kompetensi, Kepribadian Guru, Karakter Peserta Didik en_US
dc.title Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Upaya Peningkatan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di MTs El-Bas Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account