Unigal Repository

Pengabdian Kepada Masyarakat PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) MIS HANDAPHERANG: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI SEHAT AKTIF

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Ai Tusi
dc.date.accessioned 2024-12-28T14:28:02Z
dc.date.available 2024-12-28T14:28:02Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6195
dc.description.abstract Keanekaragaman tanaman memberi beragam fungsi bagi manusia dan lingkungan. MIS Handapherang yang merupakan salah satu Sekolah Adiwiyata memiliki fokus terhadap pelestarian lingkungan dengan melakukan program menanam di pekarangan sekolah. Tanaman yang telah di tanam lebih banyak didominasi oleh beragam tanaman hias, sedangkan tanaman obat dan pangan masih belum menjadi fokus pelestarian tanaman. Banyak jenis tanaman pangan yang dapat di tanam di pekarangan sekolah seperti sayuran dan buah-buahan. Tanaman pangan tersebut memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Pengetahuan dan pengalaman menanam tanaman pangan bagi siswa diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya konsumsi pangan sehat bagi dirinya dan keluarga. Lebih luas lagi, wawasan yang diperoleh siswa sejak dini dapat mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan yang diperlukan untuk mewujudkan generasi yang sehat, aktif, dan produktif. Tujuan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di MIS Handapherang adalah untuk memberikan solusi dalam peningkatan kualitas sekolah Adiwiyata dalam peningkatan fungsi pekarangan sekolah. Adapun tujuan khusus: 1) memberikan wawasan tentang tanaman pangan kepada siswa untuk mendukung kebijakan Sekolah Adiwiyata dan kesehatan, 2) melakukan praktik menanam tanaman pangan sayuran oleh siswa yang terintegrasi dengan lembar kerja matematika untuk mendukung pelaksanaan kurikulum Mata Pelajaran Matematika terintegrasi lingkungan, 3) melakukan praktik menanam tanaman pangan sayuran oleh siswa untuk mendukung kegiatan partisipasi aktif dan produktif warga sekolah, 4) menghasilkan tanaman pangan sayuran untuk mendukung pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan yang sehat. Kegiatan PKM ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan terdiri dari penyediaan bahan dan alat tanam, pembuatan lembar kerja, dan lembar observasi. Tahap pelaksanaan dimulai dengan memberi pemahaman kepada siswa tentang tanaman pangan sayuran dan peran matematika dalam praktik menanam sayuran, menyemai benih, menyiapkan media tanam, menanam bibit, merawat dan mengamati pertumbuhan sayuran, dan panen. Tahap evaluasi terdiri dari evaluasi tentang pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menanam tanaman dan kemampuan matematis. Hasil PKM terdiri dari peningkatan pengetahuan dan pengalaman siswa tentang menanam sayuran dan integrasi matematika dalam praktik menanam sayuran serta peningkatan sarana pendukung Green House di pekarangan sekolah MI Handapherang, Luaran wajib artikel pada jurnal Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J) dan media masa https://kabarpriangan.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1483887850/tim-dosenprodi-matematika-fkip-unigal-ciamis-gelar-pkm-ajari-siswa-bercocok-tanamdengan-konsep-matematis, serta video pelaksanaan https://www.youtube.com/watch?v=e_CMsolq4b0. Luaran tambahan yaitu lembar kerja siswa yang telah mendapat sertifikat hak cipta dan ber-ISBN serta seminar internasional kewirausahaan. en_US
dc.title Pengabdian Kepada Masyarakat PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) MIS HANDAPHERANG: UPAYA MEWUJUDKAN GENERASI SEHAT AKTIF en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account