Abstract:
Matematika yang dipelajari siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) bersifat umum dan materi
dalam konteks kejuruan. Integrator kontekstual dapat digunakan untuk memperdalam materi
matematika dalam konteks kejuruan. Integrator kontekstual dapat mengintegrasikan materi
matematika dan konteks kejuruan supaya selaras dengan keahlian kejuruan siswa. Salah satu program
keahlian di SMK adalah Agribisnis Perikanan. Penelitian kualitatif ini menggali integrator kontekstual
dari aktivitas agribisnis perikanan untuk memperdalam materi matematika siswa. Pengalaman
partisipan yaitu guru produktif (guru yang mengajar mata pelajaran keahlian kejuruan) dan guru
matematika selama mengajar di SMK Agribisnis Perikanan digali melalui wawancara untuk
mendapatkan integrator kontekstual yang tepat digunakan bagi siswa. Partisipan berasal dari SMK
Agribisnis Perikanan di Ciamis, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berhitung
adalah esensi yang diperoleh dari pengalaman partisipan menggunakan matematika dalam konteks
agribisnis perikanan. Integrator kontekstual dengan tema wadah untuk budidaya, dosis, dan analisis
usaha adalah tema-tema utama aktivitas berhitung yang dapat digunakan untuk memperdalam materi
bilangan, geometri, aljabar, dan statistika. Hasil penelitian ini mendukung implementasi Kurikulum
Merdeka di SMK Agribisnis Perikanan.