Abstract:
ABSTRAK
M Wildan Yunarsyah. NIM. 3403200055. Pengaruh Harga Terhadap
Penjualan (Suatu Studi Pada Produk Tahu Bulat CV. Macakal Agro
Gumilang Periode 2019-2023) Dibawah Bimbingan Bapak Mohamad Apip
S.E.,M.Si (Pembimbing I) dan Ibu Purnama Sari, S.E., M.AB. (Pembimbing
II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Harga terhadap Penjualan (Suatu
Studi Pada Produk Tahu Bulat CV. Macakal Agro Gumilang Periode 2019-2023)
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana harga
pada CV. Macakal Agro Gumilang. (2) Bagaimana penjualan pada CV. Macakal
Agro Gumilang. (3) Seberapa besar pengaruh harga terhadap penjualan pada CV.
Macakal Agro Gumilang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1)
Perkembangan harga jual pada CV. Macakal Agro Gumilang. (2) Perkembangan
penjualan pada CV. Macakal Agro Gumilang. (3) Pengaruh harga terhadap
penjualan pada CV. Macakal Agro Gumilang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana hasil penelitian diolah dan
dianalisis untuk di ambil kesimpulan. Sedangkan untuk analisis data yang di
gunakan yaitu Analisis Koefesien Korelasi Sederhana, Analisis Koefesien
Determinasi, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Uji Hipotesis menggunakan
Uji Signifikansi (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan
bahwa: (1) Perkembangan harga pada CV. Macakal Agro Gumilang dari tahun
2019-2023 dengan rata-rata besarnya harga Rp. 173 setiap tahunnya dan rata-rata
perkembangannya mengalami kenaikan sebesar 0,48% setiap tahunnya. (2)
Perkembangan penjualan pada CV. Macakal Agro Gumilang dari tahun 2019-
2023 naik turun dengan rata-rata penjualan Rp. 1.976.797.483 setiap tahunnya dan
rata-rata perpembangannya mengalami kenaikan sebesar 9,49% setiap tahunnya.
(3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada CV.
Macakal Agro Gumilang dari tahun 2019-2023. Artinya tinggi rendahnya harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Adapun besarnya pengaruh
sebesar 94,5%.
Kata Kunci : Harga, Penjualan