Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
terindikasi melakukan tindakan manajemen laba dengan cara menaikkan jumlah
laba yang dihasilkan sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada investor
tetap menilai bahwa perusahaan dalam kinerja yang baik. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana ukuran perusahaan pada PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di BEI?; 2) Bagaimana praktik
manajemen laba pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di BEI?;
3) Bagaimana pengaruh ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di BEI?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian sekunder
ini berupa laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia, dan data-data diambil dari Galeri Investasi Fakultas
Ekonomi Universitas Galuh Ciamis.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)
Ukuran perusahaan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk selama periode tahun
2013-2022 termasuk dalam kategori perusahaan besar atau large bussines. Karena
didasarkan pada kriteria ukuran perusahaan menurut Permendagri No.
46/MDAG/PER/9/2009 yang menyatakan bahwa perusahaan yang memiliki nilai
aset lebih dari 10 M merupakan perusahaan besar (large firm); 2) PT. Indofood
Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2013-2022 telah
terindikasi melakukan manajemen laba dengan cara menaikkan jumlah laba yang
dihasilkan oleh perusahaan. Namun berbeda halnya pada tahun 2018 dan tahun
2020 perusahaan terindikasi telah melakukan manajemen laba dengan cara
menurunkan laba yang dihasilkan; 3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh
signifikan terhadap manajemen laba pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang
terdaftar di BEI Periode tahun 2013– 2022 karena pengujiannya tidak signifikan.
Artinya naik turunnya ukuran perusahaan tidak berakibat pada naik turunnya
manajemen laba.