Abstract:
UMKM Keripik singkong sadudulur merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak dibidang produksi makanan ringan seperti rengginang, keripik pisang dan keripik singkong. UMKM Keripik singkong sadudulur harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi kompetitor, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. Permasalahan yang dihadapi UMKM Keripik singkong sadudulur adalah strategi pemasaran yang masih kurang efektif dikarenakan banyaknya competitor dalam bidang yang sama. Menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik untuk UMKM Keripik singkong sadudulur menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks Qualitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran di UMKM Keripik singkong sadudulur serta memberikan wawasan yang berharga bagi pemangku kepentingan terkait untuk merancang strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk secara local maupun global.
Menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik untuk UMKM Keripik Singkong Sadudulur menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh total skor yang dimiliki UMKM Keripik singkong sadudulur sebesar 2,82, Sedangkan analisis matriks EFE sebesar 3,35. Matrik SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi yang dapat di pilih oleh UMKM Keripik singkong sadudulur. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling di usulkan dan prioritaskan adalah berdasarkan rating tertinggi yaitu usulan strategi nomor 4 Dengan nilai TAS 5,86. Yang mana isinya adalah “Mengadakan program promosi yang menarik perhatian agar peminat konsumen baru tertarik terhadap produk perusahaan”. Strategi ini dimaksud untuk memperluas pemasaran UMKM Keripik Singkong Sadudulur.