Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Saluran Distribusi dalam meningkatkan Volume Penjualan (Suatu studi pada industri keci lmenengah Oath Coffee Roastery Tasikmalaya).
Adapun fokus permasalahan penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana analisis saluran distribusi pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya?; 2). Bagaimana analisis volume penjualan pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya?; 3). Bagaimana analisis saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya?. Adapun tujuan penelitian ini: 1). Untuk mengetahui saluran distribusi pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya; 2). Untuk mengetahui volume penjualan pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya; 3). Untuk mengetahui saluran disitribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian pada saat penelitian dilaksanakan, didasarkan data dan fakta yang ditemui di lapangan untuk kemudian dianalisis dan ditafsirkan, untuk kemudian disimpulkan sehingga menunjukan masalah yang terjadi.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa pada industri kecil menengah (IKM) Oath Coffee Roastery Tasikmalaya melakukan keputusan manajerial; 1). memfokuskan salah satu variabel bauran pemasaran yaitu tempat (place); 2). Memperhatikan aspek-aspek internal dalam pelaksanaan manajerial pada bauran pemasaran (saluran distribusi) antara lain: a). alasan menggunakan saluran distribusi; b). faktor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi; c). fungsi saluran distribusi; d). strategi saluran distribusi eksklusive; e). Tingkat saluran pemasaran konsumen.
Diharapkan Oath Coffee Roastery Tasikmalaya mampu menambah tingkat saluran distribusi, komunikasi yang baik dengan perantara, serta perlunya perhatian pada perantara dalam upaya peningkatan penjualan produk dengan upaya optimalisasi pada bauran promosi pada Retailler.