Abstract:
ABSTRAK
Devi Juitasari. 3402190324. Pengaruh Citra Merek dan Personal Branding
“Feliccya Angelista” terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen
Produk Scarrlet Whitenning di Safillashop Manonjaya). Di bawah bimbingan
Bapak Mochamad Aziz Basari, S.Sos., M.Si. (Pembimbing I) dan Bapak Faizal
Haris Eko Prabowo, SE. M.M. (Pembimbing II).
Keputusan pembelian konsumen menjadi faktor yang penting dalam penentu eksistensi
suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat terus eksis jika rangsangan konsumen dalam
memutuskan pembelian produk dari suatu pasar mendapat respons yang positif dari
pasar itu sendiri. Namun demikian berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti
lakukan pada Toko SafillaShop diketahui bahwa keputusan pembelian konsumen
untuk membeli produk Scarlett Whitening belum sepenuhnya optimal. Hal tersebut
diperkuat oleh data transaksi Pembelian Produk Scarllet di Toko SafillaShop selama
kurun waktu 5 bulan pada tahun 2023 yang cenderung mengalami penurunan.
Permasalahan tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya citra merek dan pelaksanaan
personal branding yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan
pembelian produk Scarlett Whitenning?; Bagaimana pengaruh personal branding
‘Feliccya Angelista’ terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitenning?;
Bagaimana pengaruh citra merek dan personal branding Feliccya Angelista terhadap
keputusan pembelian produk Scarlett Whitenning di Manonjaya Kabupaten
Tasikmalaya?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis:Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett
Whitenning; Pengaruh personal branding ‘Feliccya Angelista’ terhadap keputusan
pembelian produk Scarlett Whitenning; Pengaruh citra merek dan personal branding
Feliccya Angelista terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitenning di
Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah survey dengan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang membeli dan menggunakan produk Scarllet Whitenning seluruh warga
yang ada di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, sampel yang dipilih adalah sebanyak
96 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik
yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian,
dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan
citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Scarlett Whitenning
di Safillashop Manonjaya; Terdapat pengaruh positif dan signifikan personal branding
terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Scarlett Whitenning di
Safillashop Manonjaya; Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek dan
personal branding terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Scarlett
Whitenning di Safillashop Manonjaya. Artinya semakin baik citra merek dan personal
branding maka keputusan pembelian konsumen konsumen akan meningkat.
Kata Kunci: Citra Merek, Personal Branding dan Keputusan Pembelian