Unigal Repository

Saluran Pemasaran Manisan Terong Ungu (Studi Kasus Pada UMKM Skala Rumahan Olahan Manisan Terong Ungu di Dusun Cikembang Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Museu Dewi, Shelly
dc.contributor.author M Andrie, Benidzar
dc.contributor.author Herdiansah S, Dedi
dc.date.accessioned 2024-09-23T13:41:21Z
dc.date.available 2024-09-23T13:41:21Z
dc.date.issued 2024-09-07
dc.identifier.issn Shelly
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5854
dc.description.abstract SHELLY MUSEU DEWI. 2024. Saluran Pemasaran Manisan Terong Di Desa Selamanik Dusun Cikembang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis (Studi Kasus Pada UMKM Skala Rumahan Olahan Manisan Terong Ungu di Desa Selamanik Dusun Cikembang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis) di bawah bimbingan, H.Dedi Herdiansah dan Benidzar M. Andrie. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran UMKM Manisan Terong Ungu di Desa Selamanik Dusun Cikembang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis (2) Biaya, margin pemasaran, dan keuntungan yang diterima produsen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan : Saluran pemasaran pada Manisan Terong Ungu terdapat 2 saluran yaitu : Pada saluran 1 : Produsen – Konsumen , saluran 2 : Produsen- Pengecer – Konsumen. Pada saluran 1 besarnya rata-rata marjin pemasaran adalah Rp.60.000 per kilogram tanpa biaya pemasaran sehingga keuntungan pemasaran sebesar Rp. 60.000 per kilogram. Sedangkan pada saluran 2 rata-rata marjin pemasaran adalah sebesar Rp. 15.000 per kilogram tanpa biaya pemasaran. Sehingga rata-rata keuntungan pemasaran sebesar Rp. 15.000 per kilogram. Bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) pada saluran 1 adalah 100%, dan pada saluran 2 adalah 80 %. Artinya besarnya bagian harga yang diterima produsen pada saluran 1 lebih tinggi daripada saluran 2 dari harga yang dibayarkan konsumen. en_US
dc.description.sponsorship Museu Dewi Shelly, M Andire Benidzar, Herdiansah S Dedi en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Saluran, Pemasaran, Manisan Terong en_US
dc.title Saluran Pemasaran Manisan Terong Ungu (Studi Kasus Pada UMKM Skala Rumahan Olahan Manisan Terong Ungu di Dusun Cikembang Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis) en_US
dc.title.alternative - en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account