Abstract:
Aghistia Nazwa. Judul Skripsi “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MOBILE-NOS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Lia Yulisma, S.Pd., M.Si sebagai pembimbing I dan Feri Bakhtiar Rinaldi S.Pd. M.Si sebagai pembimbing II.
Setiap peserta didik dituntut untuk memiliki literasi sains yang baik dan hasil kognitif yang baik, namun berbagai kendala dalam system Pendidikan sering kali menghambat pencapaian tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan Model pembelajaran Mobile-NOS terhadap hasil belajar kognitif dan literasi sains siswa SMA pada materi Perubahan Lingkungan. Waktu penelitian pada bulan Januari sampai Maret 2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Ciamis. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X E9 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis pretest dan postest dengan jumlah 6 butir soal essay. Data yang diperoleh diolah secara statistik menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis dengan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Mobile-NOS terhadap kemampuan literasi sains dan hasil kognitif peserta didik pada materi Perubahan lingkungan kelas X SMA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai 4,16 >2,33 artinya terdapat peningkatan yang menunjukkan bahwa pembelajaran Mobile-NOS berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa.
Kata kunci: Mobile-NOS, Hasil Kognitif, Kemampuan Literasi Sains