Abstract:
ABSTRAK
Ririz Rizkia Ane Vraya, NIM. 340320156. “Pengaruh Biaya Promosi dan
Biaya Distribusi Terhadap Penjualan (Suatu Studi Pada PT Unilever Tbk
yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2022)”. Dibawah
bimbingan Bapak Dr. H. Sukomo, Drs., M.Si. (Pembimbing I) dan Bapak
Benny Prawiranegara, S.E., M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi
terhadap Penjualan. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1)
Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Unilever
Indonesia Tbk?; 2) Seberapa besar pengaruh biaya distribusi terhadap penjualan
pada PT. Unilever Indonesia Tbk?; 3) Seberapa besar pengaruh biaya promosi dan
biaya distribusi terhadap penjualan pada PT. Unilever Indonesia Tbk?; Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Besarnya
pengaruh biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Unilever Indonesia Tbk; 2)
Besarnya pengaruh biaya distribusi terhadap penjualan pada PT Unilever
Indonesia Tbk; 3) Besarnya pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap
penjualan pada PT. Unilever Indonesia Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknis analisis datanya yaitu analisis koefisien korelasi
sederhana, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis atau uji signifikan (uji t),
analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisien regresi linear berganda,
analisis koefisien korelasi determinasi dan uji hipotesis atau uji signifikan (uji f).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1) Biaya Promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada PT Unilever Tbk
Periode 2013-2022. Artinya ketika terjadi peningkatan Biaya Promosi maka akan
meningkatkan penjualan, begitu juga sebaliknya. Adapun besarnya pengaruh
sebesar 72,76%; 2) Biaya Distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap
penjualan pada PT Unilever Tbk Periode 2013-2022. Artinya peningkatan biaya
distribusi tidak dapat meningkatkan penjualan; 3) Biaya promosi dan biaya
distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada PT Unilever
Tbk Periode 2013-2022. Artinya ketika terjadi peningkatan Biaya Promosi dan
biaya distribusi maka akan meningkatkan penjualan, begitu juga sebaliknya.
Adapun besarnya pengaruh sebesar 72,76%.
Kata Kunci: Biaya Promosi, Biaya Distribusi, dan Penjualan.