Abstract:
Finka Ameliawati, 3402200312, 2024. “Pengaruh E-Service Quality dan E-
Trust Terhadap Keputusan Pembelian” (Suatu Studi pada Pengguna Access
by KAI Ciamis), Dibawah bimbingan Mochamad Aziz Basari, S.Sos., M.M dan
Risna Kartika, S.E., M.M
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap
Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Pengguna Access by KAI Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Apakah e-service
quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian?; 2]. Apakah e-trust
berpengaruh terhadap keputusan pembelian ?; 3]. Apakah e-service quality dan e-
trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian ? Adapun tujuan penelitian ini
adalah : 1]. Untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap keputusan
pembelian; 2]. Untuk mengetahui pengaruh e-trust terhadap keputusan pembelian;
3]. Untuk mengetahui pengaruh e-service dan e-trust terhadap keputusan
pembelian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linear Berganda, dan
Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t) dan Uji Signifikansi (Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data ini menunjukkan bahwa : 1]. Terdapat
pengaruh positif dan signifikan e-service quality terhadap keputusan pembelian
pada pengguna aplikasi Access by KAI Ciamis. Artinya jika e-service quality
semakin tinggi maka keputusan pembelian akan meningkat. 2]. Terdapat pengaruh
positif dan signifikan e-trust terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi
Access by KAI Ciamis. Artinya jika e-trust semakin tinggi maka keputusan
pembelian akan meningkat. 3]. Terdapat pengaruh positif dan signifikan e-service
quality dan e-trust terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Access
by KAI Ciamis. Artinya jika e-service quality dan e-trust semakin tinggi maka
keputusan pembelian akan meningkat.
Diharapkan Aplikasi Access by KAI selalu berusaha meningkatkan e-service
quality dan e-trust bagi penggunanya sehingga akan meningkatkan keputusan
pembelian.
Kata Kunci : E-Service Quality, E-Trust dan Keputusan Pembelian