Abstract:
Media film merupakan kegiatan belajar mengajar lebih bervariasi dengan memanfaatkan film untuk melaksanakan pembelajaran sejarah, dimana cerita sejarah memiliki daya tarik berbeda ketika dijadikan sebuah film. Metode ini bertujuan untuk memungkinkan siswa memahami konsep dan makna serta memahami hubungan proses intuitif ketika menggunakan film sebagai media hubungan dan menarik kesimpulan baik secara kelompok ataupun individual. Metode ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa untuk penguasaan materi pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang diambil adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan didalam kelas dengan subjek penelitian adalah Kelas XI MA Al Hasan, teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan tes. Sedangkan tolak ukur keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil evaluasi peserta didik yang ditentukan dari skor perolehan hasil pengerjaan soal tes pada masing-masing siklus. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media film dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dibuktikan dari Post Test siklus I dengan ketentasan nilai sebesar 72% dan Post Test pada siklus II mendapatkan ketuntasan nilai sampai dengan 84% % degan nilai rata-rata 88,4 melebihi target yang telah ditentukan dari KKM 75.