Abstract:
PENGARUH STORYTELLING TERHADAP KECEMASAN
PADA ANAK USIA PRASEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI
LITERATURE REVIEW
AI SUSI LUSIANA DEWI
Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Galuh Ciamis
Website: www.fikes.unigal.ac.id
ABSTRAK
LatarBelakang: Hospitalisasi merupakan suatu proses bagi anak untuk berada di rumah sakit menjalani pengobatan dan perawatan sampai keadaan pulih dan dapat dipulangkan kembali ke rumah. Cemas merupakan reaksi terhadap individu yang subjektif, dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan tidak diketahui penyebabnya secara khusus, biasanya terkait dengan pengalaman baru dimana karakteristik cemas berbeda dengan rasa takut. storytelling adalah kegiatan menyampaikan cerita.
Tujuan: Literature review ini bertujuan untuk mereview Pengaruh Storytelling Terhadap Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi
Metode: Menggunakan databased dari Google scholar, Researchegate dan Web Of Science dengan kata kunci “Storytelling, kecemasan dan hospitalisasi” dengan batasan tahun yaitu 2014 sampai 2024. Terdapat sepuluh artikel yang sesuai dengan kata kunci selanjutnya dilakukan proses review menggunakan PICOS Framework.
Hasil: Hasil dari artikel yang sudah direview didapatkan hasil bahwa terapi bermain storytelling dapat menurunkan kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi.
Kesimpulan: Bedasarkan hasil literature review dapat disimpulkan bahwa terapi Storytelling efektif untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.
Kata Kunci: Hospitalisasi, kecemasan, storytelling.