Abstract:
ABSTRAK
LITERATUR REVIEW : PENGARUH SISTEM MANAJEMEN KINERJA TERHADAP PENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN
(Giana Fujiana Sunarya, S.Kep 1), (Daniel Akbar W, S.Kep.,Ners.,M.M.M.Kep2)
Latar Belakang : Peningkatan kualitas pelayanan keperawatan menjadi prioritas utama dalam upaya meningkatkan pengalaman pasien dan hasil klinis. Pengaruh Manajemen Kinerja telah diidentifikasi sebagai alat yang potensial untuk mencapai tujuan ini dengan memfasilitasi pengukuran kinerja, umpan balik yang terstruktur, dan perbaikan berkelanjutan dalam praktek keperawatan
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur untuk menyelidiki peran SMK dalam peningkatan kualitas pelayanan keperawatan. Melalui pencarian dalam basis data akademik, artikel-artikel yang relevan tentang implementasi SMK dalam konteks pelayanan keperawatan dipilih untuk disertakan dalam analisis.
Hasil : Tinjauan literatur ini mengungkapkan bahwa penerapan SMK dalam pelayanan keperawatan dapat memberikan manfaat signifikan, termasuk peningkatan kepuasan pasien, meningkatkan kepatuhan terhadap protokol klinis, dan mengurangi risiko kesalahan medis. Namun, tantangan seperti resistensi perawat terhadap perubahan dan kurangnya dukungan manajemen juga diidentifikasi sebagai faktor penghamba
Rekomendasi : Berdasarkan temuan tinjauan literatur, disarankan agar organisasi pelayanan kesehatan mengintegrasikan SMK dalam praktek keperawatan secara menyeluruh. Diperlukan pendekatan holistik yang melibatkan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan dan pembinaan untuk meningkatkan adaptasi terhadap perubahan
Kata Kunci : Sistem Manajemen Kinerja, Pelayanan Keperawatan, Kualitas