Abstract:
ABSTRAK
Fitri Fitriani. NIM: 3403200068. “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Laba Bersih (Suatu studi pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2018-2022)”. Dibawah bimbingan Dr. H. Sukomo, Drs.,M.Si. (Pembimbing I) dan Ibu Hj. Elis Badriah, S.E., M.Ak. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Laba Bersih (Suatu studi pada perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2018-2022). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1]. Seberapa besar perkembangan pertumbuhan penjualan pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI; 2] Seberapa besar perkembangan tingkat laba bersih pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI; 3] Seberapa besar pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Besarnya perkembangan pertumbuhan penjualan pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI; 2] Besarnya perkembangan tingkat laba bersih pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI; 3] Besarnya pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantutatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisisen Determinasi, Uji Hipotesis (Uji t), Regresi Linier Sederhana, dan Uji Simultan (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1) Pertumbuhan penjualan pada Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Periode 2018-2022 rata-rata pertumbuhan penjualannya sebesar −0,05% tiap perusahaan. 2) Laba bersih pada Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Periode 2018-2022 rata-rata pertumbuhan laba bersih sebesar 78,03% tiap perusahaan. 3) Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih pada Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Periode 2018-2022. Artinya kenaikan pertumbuhan penjualan tidak memiliki efek secara nyata terhadap kenaikan laba bersih pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018-2022.