Abstract:
Menulis bukanlah suatu keterampilan yang mudah untuk dipelajari, karena keterampilan menulis dapat diperoleh melalui proses belajar yang memerlukan ketekunan berlatih. Semakin rajin peserta didik berlatih keterampilan menulis yang dimiliki juga akan semakin meningkat. Peserta didik perlu dimotivasi supaya gemar menulis. Di era globalisasi seperti sekarang ini keterampilan menulis sangat dibutuhkan. Keterampilan menulis mempunyai arti yang sangat penting dalam Dunia pendidikan, peserta didik yang sering berlatih menulis dan mengungkapkan ide, akan terampil dan terarah kemampuan berekspresinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan penerapan teknik modeling pada pembelajaran menulis naskah pidato. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen, yaitu, (1) perencanaan (planning) pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflekting). PTK pada penelitian ini dilakukan dengan menerapkan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya teknik modeling. Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 44,44% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebesar 94,44%. Hasil pada siklus II menunjukkan keberhasilan implementasi teknik modeling pada pembelajaran menulis naskah pidato siswa kelas X di SMA Quran Cipansor Tasikmalaya.