Abstract:
Kamil Masykur, NIM 3403190095. “Pengaruh Earning Growth dan Firm Size terhadap Price Earning Ratio (Suatu Studi Pada perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020 - 2022)”. Dibawah Bimbingan Bapak Mohamad Apip, S.E., M.Si. (Pembimbing I) dan Bapa Dendy Syaiful Akbar, S.E., M.Si. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Earning Growth dan Firm Size terhadap Price Earning Ratio (Suatu Studi Pada perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020 - 2022)
Permasalah yang dihadapi pada penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana Pengaruh Earning Growth Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 - 2022?; 2]. Bagaimana Pengaruh Firm Size Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 - 2022?; 3]. Bagaimana Pengaruh Earning Growth Dan Firm Size Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 - 2022?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh Earning Growth Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 – 2022; 2]. Pengaruh Firm Sizer Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 – 2022; 3]. Pengaruh Earning Growth dan Firm Size Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2020 – 2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Umtuk teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa earning growth secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan yang positif terhadap price earning ratio. Firm size secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan yang negatif terhadap price earning ratio. Earning growth dan firm size secara simultan tidak berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan yang positif terhadap price earning ratio.