Abstract:
Putri Furkonia, NIM. 3403200098. “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage Periode 2018-2022)”. Dibawah bimbingan Dani Usmar, S.E., M.Si., Ak., CPA., CIAPS., CFIP (Pembimbing I) dan Dendy Syaiful Akbar, S.E., M.Si. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1].Apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022?; 2].Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022?; 3].Apakah ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022; 2].Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022; 3].Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan food and beverage pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022 yaitu sejumlah 218 perusahaan. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu Teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Adapun jumlah sampel dari penelitian ini adalah 43 perusahaan. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Teknik analisis Regresi Data Panel dengan uji chow, uji hausman dan uji lagrange multiplier dan uji hipotesis menggunakan Uji Koefisien Determinasi (R^2), Uji Signifikansi (Uji t , dan Uji F),
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai perusahaan, Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
Bagi perusahaan manufaktur sektor food and beverage diharapkan dapat meningkatkan harga saham dengan memperhatikan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi laba perusahaan, mengingat laba perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham.
Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan