Unigal Repository

Pelayanan Publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Siddiq, Muhamad Rifki
dc.date.accessioned 2024-09-17T04:35:07Z
dc.date.available 2024-09-17T04:35:07Z
dc.date.issued 2024-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5536
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum optimalnya pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dapat dilihat dari masih terdapat minimnya sumber daya manusia yang terlatih, khususnya dalam pemahaman dan pemanfaatan teknologi yang saat ini sudah semakin canggih, kurangnya sarana dan prasarana pendukung dalam pelayanan dan masih terlihat kurangnya disiplin pegawai dalam mendukung pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi dan mengetahui apa saja hambatan dan upaya dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis sudah berjalan, namun belum optimal karena masih ditemukannya permasalahan, dari ke 5 (lima) dimensi Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Empathy diantaranya: Kedisiplinan petugas yang masih rendah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, belum dioperasikannya aplikasi E-Office Desa dalam pelayanan, masih kurangnya kecermatan/kehati-hatian petugas dalam memproses pelayanan, dan masih lambatnya proses pelayanan yang dilakukan. Adapun upaya-upaya untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut diatas, yaitu dalam proses pelayanan harus dilakukan shift kerja bagi perangkat desa yang sudah melaksanakan jadwal piket malam, melaksanakan program pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek) mengenai pengoperasian aplikasi E-Office Desa untuk peangkat desa khusunya petugas pelayanan, melaksanakan validasi hasil pekerjaan supaya tidak ada kesalahan penginputan ataupun pengetikan data, dan petugas harus segera memproses dengan tidak menunda pelayanan. en_US
dc.description.sponsorship Arie Budiawan Ii Sujai en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher FISIP en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject Pelayanan Administratif en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject Pemerintahan Desa en_US
dc.subject Desa en_US
dc.title Pelayanan Publik di Kantor Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account