Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap penting
oleh petani jagung dan atribut yang perlu ditingkatkan oleh lembaga pemasaran,
untuk mengetahui tingkat kepuasan petani jagung terhadap lembaga pemasaran di
Desa Kepel, Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilakukan pada
bulan Mei 2024 dengan jumlah responden 31, yaitu 15 orang laki-laki, 16 orang
perempuan. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling) di
Desa Kepel Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam
analisis data adalahImportance Performance Analysis (IPA) dan Customer
Satisfactiom Index (CSI). Dari hasil IPA dapat disimpulkan bahwa atribut yang
dianggap penting dan perlu ditingkatkan lembaga pemasaran yaitu alat
transportasi dalam melakukan pemasaran jagung, kesigapan dalam melayani
petani, kemampuan dalam berkomunikasi antara pedagang dengan petani
sehingga pedagang dapat melayani kebutuhan petani dengan baik, keakuratan
penimbangan pada saat transaksi jual beli jagung seperti kelengkapan alat
transaksi yang dimiliki lembaga pemasaran yaitu kalkulator dan timbangan. Hasil
perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) dapat disimpulkan bahwa petani
jagung merasa sangat puas terhadap pelayanan lembaga pemasaran jagung dengan
persentase CSI sebesar 81,30%.